Interjeksi dalam Novel Biru Karya Fira Basuki



ABSTRAK 


       Interjeksi atau kata seru adalah kata tugas yang mengungkapkan rasa hati pembicara Interjeksi digunakan pengarang dalam menyampaikan emosi yang tidak bisa hanya digambarkan melalui berbagai kata lainnya namun ternyata juga dapat disampaikan dalam satu kata yaitu interjeksi. Penelitian yang berjudul interjeksi dalam novel Biru Karya Fira Basuki bertujuan untuk mengidentifikasi bentuk-bentuk interjeksi yang digunakan dalam novel Biru karya Fira Basuki dan menganalisis tujuan penggunaan bentuk-bentuk interjeksi yang digunakan dalam novel Biru karya Fira Basuki.
        Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiolinguistik. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik catat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah manusia (human instrument). Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan. Oleh karena itu, teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu menggabungkan antara metode deskriptif dan kualitatif.
      Berdasarkan hasil penelitian diketahui sebagai sebagai berikut (1). Jenis interjeksi yang digunakan dalam novel Biru karya Fira Basuki adalah 14 jenis yaitu jenis ajakan, kekagetan, keheranan, kekaguman, kekesalan, kejijikan, perpisahan/pertemuan, kesenangan, umpatan, kesedihan, memastikan, diam, kelegaaan, dan penolakan. (2) Tujuan penggunaan interjeksi novel Biru karya Fira Basuki adalah terdapat dua hal sebagai berikut. Pertama, secara khusus adalah memberikan kekayaan penyampaian maksud dan ekpresi yang disampaikan atau dituturkan oleh tokoh dalam novel. Kedua, Secara umum adalah untuk menghilangkan rasa kejenuhan dan menimbulkan kesegaran serta untuk membangkitkan rasa keingintahuan untuk terus mengikuti alur ceritanya.



Responses

0 Respones to "Interjeksi dalam Novel Biru Karya Fira Basuki"

Post a Comment

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors