Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Tek Fungsional Menggunakan Gambar-Gambar



ABSTRAK
 
      Dalam dunia pendidikan, para guru berinteraksi dengan seluruh yang terlibat dalam pendidikan mungkin juga menimbulkan permasalahan, lebih-lebih dengan para siswanya. Para guru dituntut untuk mengetahui permasalahan siswanya. Permasalahan yang nyata dari Penelitian Tindakan Kelas ini untuk memecahkan permasalahan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks fungsional menggunakan gambar-gambar. Peneliti dan para partisipan menyetujui untuk memecahkan pertanyaan-pertanyaan:(1) Apakah proses belajar meningkat? (2) Apakah kemampuan menulis anak meningkat setelah menggunakan gambar?
        Metodenya adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sebagian data berupa naratif diperoleh dari rangkaian wawancara yang mendalam, naratif diperoleh dari wawancara, data observasi diperoleh dari serangkaian observasi di kelas dalam pelaksanaan pembelajaran dan kondisi kelas. Data kualitatif dikumpulkan dari dua kolaborator , hasil rekaman dalam wawancara yang mendalam, observasi di kelas, hasil rekaman dari tape dan hasil cek dari dokumen. Data Kuantitatif diperoleh dari para partisipan dalam menulis teks fungsional. Penelitian Tindakan Kelas melibatkan hasil wawancara yang mendalam sebagai alat untuk mengumpulkan data pokok. Penelitian dilaksanakan dari bulan Mei sampai bulan Oktober 2011 di salah satu SMP di Gunungkidul.
      Hasil Penelitian yang berupa kualitatif, para siswa merasa lebih tertarik dalam proses pembelajaran, hubungan antar siswa dengan guru semakin baik, kerjasama baik, keingintahuan, tanggungjawab baik. Hasil kuesioner untuk rata-rata 4.53. Hasil simpangan 5.67 dari hasil skor maksimal 5.00, dan skor terendah 3.0. Ini berarti bahwa sebagian besar siswa setuju atau bahkan sangat setuju bahwa terdapat peningkatan dalam proses belajar. Untuk hasil Kuantitatif, kemampuan awal rendah (rata-rata 51.87). Peningkatana siklus kedua tidak signifikan (rata-rata 54.28). Secara Kuantitatif, penggunaan gambar pelan-pelan meningkatkan kemampuan menulis seperti yang ditunjukkan rata-rata tes awal dan tes akhir dari siklus pertama, kedua, dan ketiga ( hasil pretest=51.87, siklus satu=54.28, siklus dua= 12.93, siklus ketiga=72.06). Hasil tes awal sampai test akhir diproses menggunakan t-tes untuk mengetahui tingkat signifikan. Saya harus menggunakan t-tes untuk menegaskan tingkat signifikan dari penemuan itu. Hasil penemuan menunjukkan bahwa hasil signifikan karena hasil .000 kurang dari <.05 (sig.(2-tiled). Tingkat signifikan yaitu 0.5. dan .000 dibawah 0.5. Penelitian Tindakan Kelas akan memberikan keuntungan teoritis bagi guru sebagai partisipan, peneliti dan para peneliti yang lain.


Responses

0 Respones to "Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Tek Fungsional Menggunakan Gambar-Gambar"

Post a Comment

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors