Penerapan Inteligensi Ganda dalam Pelaksanaan Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Fisika pada Pokok Bahasan Usaha di SMP Budi Mulia Padon, Sendang Rejo, Minggir, Sleman, D.I. Yogyakarta




ABSTRAK  

          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan metode inteligensi ganda dapat membantu siswa menjadi berminat pada fisika dan meningkatkan prestasi siswa kelas VIII di SMP Budi Mulia pada materi usaha. 
       Penelitian ini dilaksanakan di SMP Budi Mulia pada bulan Januari sampai Februari 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Budi Mulia sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 34 siswa. 
          Penelitian ini menggunakan instrumen berikut: (1) pretest dan posttest untuk meneliti hasil belajar siswa dalam fisika; (2) angket untuk meneliti minat siswa; (3) wawancara untuk memperkuat data. 
Pretest dan posttest kelas dianalisis dengan T-test untuk kelompok dependen dengan  menggunakan  progam  SPSS.  Angket  dianalisis  secara  kualitatif  dan wawancara siswa untuk memperkuat data yang diperoleh. 
      Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran fisika dengan teori inteligensi ganda untuk pokok bahasan usaha (1) meningkatkan prestasi siswa dengan perbedaan posttest dan pretest secara signifikan; (2) mempengaruhi minat siswa terhadap fisika.


Responses

0 Respones to "Penerapan Inteligensi Ganda dalam Pelaksanaan Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Fisika pada Pokok Bahasan Usaha di SMP Budi Mulia Padon, Sendang Rejo, Minggir, Sleman, D.I. Yogyakarta"

Post a Comment

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors