Penerapan Paradigma Pedagogi Reflektif pada Pembelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Competence, Conscience, dan Compassion Siswa Kelas X-5 SMA Kolese De Britto Yogyakarta




ABSTRAK 

      Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  competence, conscience, dan compassion siswa kelas X-5 SMA Kolese de Britto Yogyakarta melalui penerapan Paradigma Pedagogi Reflektif (PPR) pada pembelajaran ekonomi.
      Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tes, dan kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi, catatan anekdotal, soal tes, kuesioner, dan lembar refleksi dan aksi. Langkah yang dilakukan dalam menganalisis data adalah (1) mendeskripsikan kondisi awal, (2) mendeskripsikan pelaksanaan siklus I, (3) mendeskripsikan pelaksanaan siklus II, (4) membandingkan competence, conscience,  dan  compassion  siswa kelas X SMA Kolese de Britto Yogyakarta sesudah dan sebelum penerapan PPR. 
      Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan PPR dalam pembelajaran ekonomi dapat meningkatkan competence, conscience, dan compassion siswa kelas X-5 SMA Kolese de Britto Yogyakarta. Pada akhir siklus I dan siklus II competence, conscience,dan compassion siswa mengalami peningkatan. Hasil rerata skor aspek compentence sebesar 63 pada awal siklus I, sedangkan pada akhir siklus I meningkat menjadi 79. Pada awal siklus II rerata skor pada aspek compentence adalah 46, dan meningkat pada akhir siklus II menjadi 54. Pada awal siklus I rerata skor pada aspek conscience sebesar 3,48 meningkat pada akhir siklus I menjadi 3,83 dan pada akhir siklus II juga meningkat menjadi 4,04. Pada awal siklus I rerata skor pada aspek compassion sebesar 4,11 meningkat pada akhir siklus I menjadi 4,23. Demikian pula peningkatan terjadi pada akhir siklus II menjadi 4,40.


Responses

0 Respones to "Penerapan Paradigma Pedagogi Reflektif pada Pembelajaran Ekonomi untuk Meningkatkan Competence, Conscience, dan Compassion Siswa Kelas X-5 SMA Kolese De Britto Yogyakarta"

Post a Comment

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors