Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Mengenai Pengelompokan Berbagai Bangun Datar Sederhana Menggunakan Media Realita Pada Siswa Kelas I Semester Genap SD Negeri Soka



ABSTRAK 

       Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media realita dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas I semester  genap  SD  Negeri  Soka  tahun  pelajaran 2011/2012  yang  berkaitan dengan materi bangun datar sederhana. 
       Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi kelas I SD Negeri Soka tahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 17 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah test tertulis dalam bentuk soal pilihan ganda. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan diuji dengan expert judgement (konsultasi ahli).
    Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar matematika yang berkaitan dengan bangun datar sederhana pada siswa kelas I SD Negeri Soka Tahun Pelajaran 2011/2012. Peningkatan ini ditunjukkan dengan peningkatan hasil rata-rata pra siklus 56 menjadi 70 dalam siklus I dan 88 pada siklus II. Jumlah siswa yang tuntas meningkat dari 4 siswa pada pra siklus menjadi 8 siswa pada siklus I dan 14 siswa pada siklus II. 



Responses

0 Respones to "Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Mengenai Pengelompokan Berbagai Bangun Datar Sederhana Menggunakan Media Realita Pada Siswa Kelas I Semester Genap SD Negeri Soka"

Post a Comment

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors