Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Bahasa Indonesia untuk Kelas XI Semester 2 SMA Santa Maria Yogyakarta



ABSTRAK 

            Skripsi ini merupakan  penulisan pengembangan. Berlatar belakang bahwa pembelajaran  menyimak  bahasa  Indonesia  di  SMA  Santa  Maria Yogyakarta kurang optimal. Bahan ajar dan media pembelajaran yang digunakan kurang tepat. Hal tersebut menjadikan penulis ingin mengembangkan bahan ajar yang memuat metode dan media yang tepat dan berorientasi pada perkembangan individu siswa kelas XI semester 2. Rumusan masalah yang diangkat dalam penulisan pengembangan ini adalah bagaimana mengembangkan bahan ajar menyimak bahasa Indonesia kelas XI semester 2 SMA Santa Maria Yogyakarta. 
       Penulisan ini mengadaptasi prosedur penelitianan dari Borg dan Gall. Penulis menyederhanakan prosedur dari Borg dan Gall menjadi tujuh langkah, yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) penyusunan dan pengembangan draf produk, (3) uji coba awal, yaitu penilaian oleh pakar, (4) revisi tahap I, (5) uji coba lapangan, (6) revisi tahap II dan penyempurnaan produk pengembangan, dan (7) produk akhir. 
       Analisis kebutuhan dilaksanakan melalui observasi, penyebaran kuesioner, dan wawancara guru pengampu mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diperoleh fakta bahwa guru jarang memanfaatkan bahan ajar  dan  media  pembelajaran.  Siswa  menginginkan adanya  bahan  ajar  yang memanfaatkan media sebagai pendukung dalam pembelajaran menyimak. Penulis menggunakan hasil analisis kebutuhan tersebut sebagai dasar dalam penyusunan draf produk bahan ajar. 
           Setelah  melalui  beberapa  prosedur  pengembangan, terciptalah sebuah bahan ajar berupa modul pembelajaran menyimak. Penilaian modul oleh ahli dan guru menunjukkan hasil rata-rata 82,9%, sedangkan penilaian media pembelajaran menunjukkan hasil rata-rata 83,8%. Karakteristik modul pembelajaran menyimak ini adalah memuat materi dan media  yang sesuai dengan tuntutan kompetensi yang  harus  dicapai  dan  dikuasai  siswa. Selain itu, juga  mempertimbangkan kebutuhan siswa, yaitu menyajikan realitas sosial yang sesuai dan perlu diketahui oleh  siswa.  Modul  ini  dirancang  agar  dapat  dengan  mudah  digunakan  dan dioperasikan baik dalam pembelajaran di kelas bersama guru sebagai fasilitator, maupun belajar di luar kelas atau siswa belajar secara mandiri. 


Responses

0 Respones to "Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Bahasa Indonesia untuk Kelas XI Semester 2 SMA Santa Maria Yogyakarta"

Post a Comment

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors