Using Word Games to Improve Vocabulary Mastery of XI Teknik Gambar Bangunan A Students in SMKN2 Depok



ABSTRAK 

      Agar dapat mempergunakan bahasa dengan baik, seseorang harus memiliki penguasaan arti dan jenis kata yang cukup memadai serta mempergunakannya sesuai makna dan fungsinya. Namun, sebagian besar siswa XI Teknik Gambar Bangunan A (TGBA) di SMKN 2 Depok menemukan kesulitan dalam mempelajari Bahasa Inggris karena terbatasnya kosakata Bahasa Inggris yang mereka miliki. Hasil pengamatan menunjukkan rendahnya nilai ujian siswa karena mereka kurang memahami makna dan jenis kata. Mereka juga tidak mengetahui bahwa kata yang sama dapat memiliki arti berbeda atau diklasifikasikan ke dalam jenis kata berbeda. 
      Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan terkait keterbatasan kosakata siswa XI TGBA. Permainan kata dipilih sebagai solusi karena sesuai dengan karakteristik siswa. Permainan kata bertujuan untuk membantu siswa mengenal dan menyerap kata-kata Bahasa Inggris beserta artinya dan membantu menggolongkan kata secara tepat. Permasalahan yang ingin dijawab oleh peneliti adalah bagaimana permainan kata dapat membantu siswa XI TGBA di SMKN 2 Depok meningkatkan penguasaan kosakata mereka. 
     Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Responden penelitian ini adalah 31 orang siswa XI TGBA di SMKN 2 Depok, Sleman, Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Tiap diselesaikan dalam satu pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu daftar kosakata pribadi siswa sebelum dan sesudah implementasi, lembar observasi, catatan lapangan, kuesioner dan wawancara. 
     Permainan kata membantu memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran dan menumbuhkan minat siswa belajar Bahasa Inggris. Jumlah siswa yang menuliskan kata, arti, dan jenis kata setelah permainan dilakukan mengalami peningkatan. Jumlah kata, arti, dan jenis kata yang ditulis dengan benar juga meningkat. Para guru disarankan untuk menggunakan permainan kata guna memberi variasi dalam metode pembelajaran, serta mengadaptasi prosedur yang paling cocok untuk diterapkan di kelas mereka.



Responses

0 Respones to "Using Word Games to Improve Vocabulary Mastery of XI Teknik Gambar Bangunan A Students in SMKN2 Depok"

Post a Comment

 
Return to top of page Copyright © 2010 | Platinum Theme Converted into Blogger Template by HackTutors