ABSTRAK
Dalam dunia pendidikan,
para guru berinteraksi dengan seluruh yang terlibat dalam pendidikan
mungkin juga menimbulkan permasalahan, lebih-lebih dengan para
siswanya. Para guru dituntut untuk mengetahui permasalahan siswanya.
Permasalahan yang nyata dari Penelitian Tindakan Kelas ini untuk
memecahkan permasalahan dan meningkatkan kemampuan siswa dalam
menulis teks fungsional menggunakan gambar-gambar. Peneliti dan para
partisipan menyetujui untuk memecahkan pertanyaan-pertanyaan:(1)
Apakah proses belajar meningkat? (2) Apakah kemampuan menulis anak
meningkat setelah menggunakan gambar?
Metodenya adalah
Penelitian Tindakan Kelas. Sebagian data berupa naratif diperoleh
dari rangkaian wawancara yang mendalam, naratif diperoleh dari
wawancara, data observasi diperoleh dari serangkaian observasi di
kelas dalam pelaksanaan pembelajaran dan kondisi kelas. Data
kualitatif dikumpulkan dari dua kolaborator , hasil rekaman dalam
wawancara yang mendalam, observasi di kelas, hasil rekaman dari tape
dan hasil cek dari dokumen. Data Kuantitatif diperoleh dari para
partisipan dalam menulis teks fungsional. Penelitian Tindakan Kelas
melibatkan hasil wawancara yang mendalam sebagai alat untuk
mengumpulkan data pokok. Penelitian dilaksanakan dari bulan Mei
sampai bulan Oktober 2011 di salah satu SMP di Gunungkidul.
Hasil Penelitian yang
berupa kualitatif, para siswa merasa lebih tertarik dalam proses
pembelajaran, hubungan antar siswa dengan guru semakin baik,
kerjasama baik, keingintahuan, tanggungjawab baik. Hasil kuesioner
untuk rata-rata 4.53. Hasil simpangan 5.67 dari hasil skor maksimal
5.00, dan skor terendah 3.0. Ini berarti bahwa sebagian besar siswa
setuju atau bahkan sangat setuju bahwa terdapat peningkatan dalam
proses belajar. Untuk hasil Kuantitatif, kemampuan awal rendah
(rata-rata 51.87). Peningkatana siklus kedua tidak signifikan
(rata-rata 54.28). Secara Kuantitatif, penggunaan gambar pelan-pelan
meningkatkan kemampuan menulis seperti yang ditunjukkan rata-rata tes
awal dan tes akhir dari siklus pertama, kedua, dan ketiga ( hasil
pretest=51.87, siklus satu=54.28, siklus dua= 12.93, siklus
ketiga=72.06). Hasil tes awal sampai test akhir diproses menggunakan
t-tes untuk mengetahui tingkat signifikan. Saya harus menggunakan
t-tes untuk menegaskan tingkat signifikan dari penemuan itu. Hasil
penemuan menunjukkan bahwa hasil signifikan karena hasil .000 kurang
dari <.05 (sig.(2-tiled). Tingkat signifikan yaitu 0.5. dan .000
dibawah 0.5. Penelitian Tindakan Kelas akan memberikan keuntungan
teoritis bagi guru sebagai partisipan, peneliti dan para peneliti
yang lain.
Labels:
Kajian Bahasa Inggris,
kemampuan siswa,
menulis tek fungsional,
tesis
Responses
0 Respones to "Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Tek Fungsional Menggunakan Gambar-Gambar"
Post a Comment